Thursday, March 7, 2013

KARYA KOMUNIKASI SOSIAL PAROKI ST. IGNATIUS, CIMAHI 2013 - 2016




HAKEKAT KOMUNIKASI SOSIAL

1.       Hakikat Komunikasi adalah proses pernyataan antar-manusia. Pernyataan yang dimaksud adalah pernyataan pikiran dan perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai alat penyalurnya. secara singkat Komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar manusia
2.       Secara Etimologis, komunikasi berasal dari bahasa latin "communicatio". Istilah ini bersumber dari kata "communis" yang berarti sama; maksudnya sama makna atau sama arti. Jadi komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan antara komunikator dan komunikan
3.       Proses Komunikasi
a.       Proses Komunikasi dalam Perspektif Psikologis
1)      Penyampaian pesan dalam bentuk pikiran dan perasaan, sedangkan lambang adalah bahasa.
2)      Pesan yang disampaikan terdiri dari dua aspek yakni isi pesan (the content of language) dan lambang (symbol)
b.      Proses Komunikasi dalam Perspektif Mekanistis
Proses menyampaikan pesan kepada komunikan secara lisan ataupun tulisan. Penangkapan  pesan oleh komunikan dapat dilakukan dengan indera telinga, indera mata, dan indera lainnya
4.       Macam komunikasi
a.       Proses Komunikasi secara primer
Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pesan dengan menggunakan lambang (simbol) sebagai media atau saluran. Ada dua jenis lambang ini, yaitu verbal dan non-verbal
1)      Lambang Verbal: Yakni bahasa, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan
2)      Lambang non-verbal: Yakni yang bukan berupa bahasa, seperti isyarat anggota tubuh, gesture, tanda-tanda yang bukan berupa bahasa baik lisan ataupun tulisan
b.      Proses komunikasii secara sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesannya. Penggunaan media/alat ini dikarenakan jarak/jauhnya antara komunikator dan komunikan, atau benyaknya jumlahnya, atau kedua-duanya
c.       Proses komunikasi secara linear
Proses komunikasi secara linear adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan sebagai titik terminal. Berlangsung pada situasi komunikasi tatap muka (face-to-face communication). maupun dalam situasi komunikasi bermedia (mediated communication). Komunikasi ini hanya terjadi satu arah, tanpa feedback dari komunikan kepada komunikator
d.      Proses komunikasi secara sirkuler
Proses komunikasi secara sirkuler adalah proses penyampaian pesan yang terjadi feedback/ umpan balik terhadap pesan yang disampaikan komunikator terhadap komunikan
5.       Social
Segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat dan relasinya dengan manusia yang ada didalamnya yaitu masyarakat Gereja dan diluar Gereja.
6.       Komunikasi social menurut ajaran Gereja
a.       Gereja didirikan untuk keselamatan semua orang, maka ada suatu kewajiban untuk mewartakan Injil dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi social.
b.      Gereja berhak menggunakan dan memiliki semua jenis media itu, sejauh diperlukan atau berguna bagi pendidikan kristen dan bagi seluruh karyanya demi keselamatan manusia
c.       Gembala bertugas memberi pengajaran dan bimbingan kepada umat beriman, supaya dengan berbagai media komunikasi sosial mereka menemukan keselamatan dan kesempurnaan mereka sendiri dan segenap keluarga manusia
d.       setiap orang berhak untuk menyampaikan dan menerima informasi tetang apa saja yang menyangkut kepentingan baik perorangan maupun masyarakat secara keseluruhan, sesuai dengan situasi masing-masing. Informasi harus disampikan dengan benar dan mengindahkan keadilan serta cinta kasih dan dilakukan dengan jujur sesuai dengan hukum-hukum moral, hak-hak dan martbat manusia
e.        karya kerasulan komunikasi sosial dalam Gereja sangat dibutuhkan bagi perkembangan Gereja di zaman ini. Gereja handaknya akrab dengan budaya informatika seperti faksimile, internet, sms, chatting, yang tumbuh dan berkembang di masyarakat luas
f.        hasil konsili dalam Inter Mirifica :
1)       setiap tahun umat katolik di seluruh dunia harus merayakan hari komunikasi social
2)       Dalam upaya-upaya untuk mewartakan kerajaan Allah dengan menggunakan alat-alat komunikasi, juga diwajibkan untuk menghidupkan dan mendorong usaha-usaha dan prakarsa-prakarsa dalam hal pewartaan sabda Allah


B.       VISI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI :
Melalui berbagai media komunikasi social umat paroki St. Ignatius Cimahi menerima dengan suka cita menerima warta keselamatan Allah

C.      MISI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.       Mengadakan berbagai media komunikasi sebagai bentuk pelayanan karya komunikasi sosial
2.       Membangun komunikasi dua arah antara umat dengan gereja

D.      SLOGAN KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
Semakin dekat, semakin nyata

E.       TUJUAN KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.       Mewartakan karya keselamatan Allah kepada seluruh umat beriman Paroki St. Ignatius Cimahi melalui berbagai media komunikasi
2.       Mendekatkan seluruh umat paroki St. Ignatis Cimahi kepada ajaran Geraja melalui berbagai media komunikasi
3.       Mengajak seluruh umat paroki St. Ignatis Cimahi untuk terlibat dalam berbagai karya Gerejawi

F.       SASARAN KOMSOS PAROKI ST IGNATIUS CIMAHI
Seluruh umat paroki St. Ignatius Cimahi

G.     TARGET KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.       Tahun 2013 – 2014
a.       Membangun berbagai media komunikasi yang familier terhadap umat
b.      Membangun komunikasi dua arah antara Gereja dengan umat

2.       Tahun 2014 – 2015
a.       Memperkuat komunikasi antara Gereja dengan umat melalui berbagai media komunikasi
b.      Terjalin relasi komunikasi yang harmonis antara Gereja dengan umat
3.       Tahun 2015 – 2016
Karya keselamatan yang hidup dan nyata terjadi pada seluruh umat paroki St. Ignatius Cimahi

H.      STRUKTUR ORGANISASI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.       Pelindung                            : Pastor Paroki St. Ignatius Cimahi
2.       Penanggung jawab              : Dewan Pastoral Paroki ( DPP )
3.       Coordinator                        : Antonius Akram Dwi Prajoko
4.       Sekretaris                           : Lucilla Suro Mulyono
5.       Bendahara                          : Antonius Wijanarko
6.       Seksi-seksi :
a.       Bidang majalah/Buletin/Warta Gereja                       : Johanes Krisnanto
b.      Bidang website                                                        : Krisdiantoro
c.       Bidang Facebook                                                   : Yanto
d.      Bidang Percetakan dan Sirkulasi                             : Ferdinandus Irawan Adiwijaya
e.      Bidang Dokumentasi                                              : Agus Purnomo

0 comments: