HAKEKAT KOMUNIKASI SOSIAL
1.
Hakikat Komunikasi adalah proses pernyataan
antar-manusia. Pernyataan yang dimaksud adalah pernyataan pikiran dan perasaan
seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai alat penyalurnya.
secara singkat Komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar manusia
2.
Secara Etimologis, komunikasi berasal
dari bahasa latin "communicatio". Istilah ini bersumber dari kata
"communis" yang berarti sama; maksudnya sama makna atau sama arti.
Jadi komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan
antara komunikator dan komunikan
3.
Proses Komunikasi
a.
Proses Komunikasi dalam Perspektif Psikologis
1)
Penyampaian pesan dalam bentuk pikiran dan perasaan,
sedangkan lambang adalah bahasa.
2)
Pesan yang disampaikan terdiri dari dua aspek
yakni isi pesan (the content of language) dan lambang (symbol)
b.
Proses Komunikasi dalam Perspektif Mekanistis
Proses menyampaikan
pesan kepada komunikan secara lisan ataupun tulisan. Penangkapan pesan oleh komunikan dapat dilakukan dengan
indera telinga, indera mata, dan indera lainnya
4.
Macam komunikasi
a.
Proses Komunikasi secara primer
Proses komunikasi
secara primer adalah proses penyampaian pesan dengan menggunakan lambang
(simbol) sebagai media atau saluran. Ada dua jenis lambang ini, yaitu verbal
dan non-verbal
1)
Lambang Verbal: Yakni bahasa, baik dalam bentuk
lisan maupun tulisan
2)
Lambang non-verbal: Yakni yang bukan berupa
bahasa, seperti isyarat anggota tubuh, gesture, tanda-tanda yang bukan berupa
bahasa baik lisan ataupun tulisan
b.
Proses komunikasii secara sekunder
Proses komunikasi
secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada
komunikan dengan menggunakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesannya.
Penggunaan media/alat ini dikarenakan jarak/jauhnya antara komunikator dan
komunikan, atau benyaknya jumlahnya, atau kedua-duanya
c.
Proses komunikasi secara linear
Proses komunikasi
secara linear adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan
sebagai titik terminal. Berlangsung pada situasi komunikasi tatap muka
(face-to-face communication). maupun dalam situasi komunikasi bermedia
(mediated communication). Komunikasi ini hanya terjadi satu arah, tanpa
feedback dari komunikan kepada komunikator
d.
Proses komunikasi secara sirkuler
Proses komunikasi
secara sirkuler adalah proses penyampaian pesan yang terjadi feedback/ umpan
balik terhadap pesan yang disampaikan komunikator terhadap komunikan
5.
Social
Segala sesuatu yang
berhubungan dengan masyarakat dan relasinya dengan manusia yang ada didalamnya
yaitu masyarakat Gereja dan diluar Gereja.
6.
Komunikasi social menurut ajaran Gereja
a.
Gereja didirikan untuk keselamatan semua orang,
maka ada suatu kewajiban untuk mewartakan Injil dengan memanfaatkan berbagai
media komunikasi social.
b.
Gereja berhak menggunakan dan memiliki semua
jenis media itu, sejauh diperlukan atau berguna bagi pendidikan kristen dan
bagi seluruh karyanya demi keselamatan manusia
c.
Gembala bertugas memberi pengajaran dan bimbingan
kepada umat beriman, supaya dengan berbagai media komunikasi sosial mereka menemukan
keselamatan dan kesempurnaan mereka sendiri dan segenap keluarga manusia
d. setiap orang berhak
untuk menyampaikan dan menerima informasi tetang apa saja yang menyangkut kepentingan
baik perorangan maupun masyarakat secara keseluruhan, sesuai dengan situasi
masing-masing. Informasi
harus disampikan dengan benar dan mengindahkan keadilan serta cinta kasih dan
dilakukan dengan jujur sesuai dengan hukum-hukum moral, hak-hak dan martbat
manusia
e.
karya kerasulan komunikasi sosial dalam Gereja sangat
dibutuhkan bagi perkembangan Gereja di zaman ini. Gereja handaknya akrab dengan
budaya informatika seperti faksimile, internet, sms, chatting, yang tumbuh dan
berkembang di masyarakat luas
f.
hasil konsili dalam Inter Mirifica :
1) setiap tahun umat katolik di seluruh dunia
harus merayakan hari komunikasi social
2) Dalam upaya-upaya untuk mewartakan kerajaan
Allah dengan menggunakan alat-alat komunikasi, juga diwajibkan untuk
menghidupkan dan mendorong usaha-usaha dan prakarsa-prakarsa dalam hal
pewartaan sabda Allah
B. VISI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
:
Melalui berbagai media komunikasi social umat paroki St.
Ignatius Cimahi menerima dengan suka cita menerima warta keselamatan Allah
C.
MISI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.
Mengadakan berbagai media komunikasi sebagai
bentuk pelayanan karya komunikasi sosial
2.
Membangun komunikasi dua arah antara umat dengan
gereja
D.
SLOGAN KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
Semakin dekat,
semakin nyata
E.
TUJUAN KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.
Mewartakan
karya keselamatan Allah kepada seluruh umat beriman Paroki St. Ignatius Cimahi
melalui berbagai media komunikasi
2.
Mendekatkan
seluruh umat paroki St. Ignatis Cimahi kepada ajaran Geraja melalui berbagai
media komunikasi
3.
Mengajak
seluruh umat paroki St. Ignatis Cimahi untuk terlibat dalam berbagai karya
Gerejawi
F.
SASARAN KOMSOS PAROKI ST IGNATIUS CIMAHI
Seluruh umat paroki
St. Ignatius Cimahi
G.
TARGET KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS CIMAHI
1.
Tahun 2013 – 2014
a.
Membangun berbagai media komunikasi yang
familier terhadap umat
b.
Membangun komunikasi dua arah antara Gereja
dengan umat
2.
Tahun 2014 – 2015
a.
Memperkuat komunikasi antara Gereja dengan umat
melalui berbagai media komunikasi
b.
Terjalin relasi komunikasi yang harmonis antara
Gereja dengan umat
3.
Tahun 2015 – 2016
Karya keselamatan
yang hidup dan nyata terjadi pada seluruh umat paroki St. Ignatius Cimahi
H.
STRUKTUR ORGANISASI KOMSOS PAROKI ST. IGNATIUS
CIMAHI
1.
Pelindung :
Pastor Paroki St. Ignatius Cimahi
2.
Penanggung jawab : Dewan Pastoral Paroki ( DPP )
3.
Coordinator :
Antonius Akram Dwi Prajoko
4.
Sekretaris :
Lucilla Suro Mulyono
5.
Bendahara :
Antonius Wijanarko
6.
Seksi-seksi :
a.
Bidang majalah/Buletin/Warta Gereja : Johanes Krisnanto
b.
Bidang website :
Krisdiantoro
c.
Bidang Facebook :
Yanto
d.
Bidang Percetakan dan Sirkulasi : Ferdinandus Irawan
Adiwijaya
e.
Bidang Dokumentasi : Agus Purnomo






0 comments:
Post a Comment